Akibat Stress

Akibat StressStress adalah reaksi tubuh terhadap situasi yang tampak berbahaya atau sulit. Stress membuat tubuh memproduksi hormon adrenaline yang berfungsi untuk mempertahankan diri. Stress merupakan bagian dari kehidupan manusia. Stress yang ringan berguna dan dapat memacu seseorang untuk berpikir dan berusaha lebih cepat dan kerasa sehingga dapat menjawab tantangan hidup sehari-hari.

Akibat Stress

Akibat Stress

Stress adalah

Stress ringan dapat merangsang dan memberikan rasa lebih bergairah dalam kehidupan yang biasanya membosankan dan rutin. Tetapi stress yang terlalu banyak dan berkelanjutan, bila tidak ditanggulangi akan berbahaya bagi kesehatan.

Biasanya Akibat Stress, akan menjadi mudah tersinggung dan marah terhadap teman, keluarga dan kolega. Tak hanya itu, terkadang orang yang mudah mengalami stress sering bertindak secara agresif dan defensif, merasa selalu lelah, sulit berkonsentrasi atau menjadi pelupa, palpitasi atau jantung berdebar-debar, otot-ototnya tegang, selalu sakit kepala, sakit perut dan diare.

Di samping itu, Akibat Stress akan mengalami komplikasi lain seperti tekanan darah tinggi dan serangan jantung, sakit mental atau histeria, kehilangan nafsu makan atau terlalu banyak makan, tidak bisa tidur (insomnia), migren, sakit maag, mengalami serangan penyakit asma yang bertambah berat dan ruam kulit.

Hal pertama yang perlu di ingat adalah ketika stress itu timbul dapat mengakibatkan perubahan fisik dalam tubuh anda. Perubahan fisik ini dapat dideteksi oleh prang yang ahli dalam ilmu faal misalnya dokter atau psikiater.  Sebagai contoh, ketika sedang asik berbelanja di suatu pusat perbelanjaan, secara tiba-tiba mengalami suatu kejadian buruk, belanjaan anda dirampas orang, kemudian anda berteriak histeris. Tubuh secara spontan akan bereaksi terhadap ancaman tersebut. Proses yang akan terjadi dalam tubuh anda, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Otot-otot tubuh menegang
2. Detak jantung meningkat
3. Napas lebih cepat
4. Tubuh menghasilkan gula untuk energi tambahan
5. Tekanan darah meningkat
6. Tubuh dan sistem pencernaan menjadi terhambat dan berhenti melakukan proses cerna makanan dalam perut
7. Mulut terasa kering karena tubuh menghentikan prosuksi saliva
8. Kerja organ-organ yang membantu memerangi flu dan infeksi lain dimatikan.

Jika stress terus-menerus berkelanjutan, hal yang akan fatal terjadi adaah ketika stress berat menimpa diri, keadaan yang timbul atau reaksi diri yang akan terjadi adalah akan sering melamun, jadi pemurung, tubuh mudah sakit, mengalami depresi dsb.

Cara Mencegah Stres

Untuk mencegah akibat stres, maka cara mengatasi stress yang alami adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan dibawah ini ;

  1. Ikan
    Orang yang mengalami depresi menurut salah satu penelitian yang dilakukan disebabkan karena kekurangan asupan makanan yang mengandung asam lemak yang disbeut dengan EPA. Minyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3 ini biasanya bisa membantu meningkatkan kadar EPA di dalam tubuh. Selain itu, kandungan omega-3 yang ada di dalam jenis kacang-kacangan seperti kacang kenari, biji ramu, dan ikan salmon serta ikan tuna. Ikan juga mengandung kandungan kecukupan nutrisi yang baik untuk kesehatan Anda misalnya adalah omega-3, vitamin B6 dan B12. Kandungan omega 3 sangat baik dalam membantu mencegah terjadinya depresi dan juga terjadinya stres. Karena jika tubuh mengalami kurangnya asupan vitamin maka akan berpotensi besar mengalami stres dan juga depreis.
  2. Teh Chamomile
    Cara mengatasi stress yang lainnya adalah dengan minum teh chamomile. Salah satu penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya suatu peningkatan kecemasan pada orang dimulai dari tingkat ringan ke tingkat sedang yang disebut dengan istilah GAD atau generalized Anxiety Disorder dan hal ini bisa diatasi dengan minum teh ekstrak Chamomile. Teh chamomile lebih dikenal bisa membantu membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan lebih santai. Selain itu, kandungan asam amino yang ada di dalam teh chamomile juga berperan penting untuk menenangkan stres ringan.
  3. Cokelat
    Salah satu jenis makanan lain yang membantu cara mengatasi stress alami adalah cokelat. Cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak digemari di dunia, teruntuk anak-anak. Cita rasa yang dihasilkan oleh cokelat adalah rasa nikmat dan juga membantu meningkatkan hormon serotonin di dalam otak jadi Anda akan merasa lebih bahagia disaat setelah Anda mengonsumsi cokelat. Selain itu, cokelat mengandung kandungan phenethylamine yang bisa membuat Anda merasakan bahagia seperti sedang jatuh cinta.
  4. Daging kalkun
    Daging kalkun juga bermanfaat baik dalam membantu melepaskan dan mengeluarkan hormon serotonin yang akan membantu membuat Anda merasa lebih tenang. Karena kandungan asam amino triptofan yang ada di dalam daging kalkun sangat baik untuk  meredakan stres.
  5. Yoghurt
    Sudah kita ketahui bahwa otak serta perut kita bisa berkomunikasi dengan baik saat sedang lapar. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa adanya pertumbuhan bakter di dalam usus. Probiotik yang hidup dalam usus dan bisa membantu meningkatkan fungsi dari gastro sehat. Namun salah satu penelitian yang dilakukan menemukan bahwa makan bakteri probiotik jenis tertentu di dalam yohgurt akan membantu mengurangi stres, kecemasan serta tingkat depresi seseorang.
  6. Teh hijau
    Cara mengatasi stress secara alami lainnya adalah dengan minum teh hijau. Teh hijau merupakan minuman kesehatan dengan kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Dan selain itu juga sangat baik untukkesehatan tubuh. Teh hijau juga bisa membantu menenangkan hati dan pikiran Anda.

Akibat Stress


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Stress dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengatasi Stress and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>