Cara Mengatasi Stress Yang Berat

stressDewasa ini, stress sering dipandang sebagai penyakit sehari-hari, namun sesungguhnya kemampuan mengatasi stress merupakan faktor dasar yang menentukan daya hidup manusia   selama berabad-abda. Di zaman prasejarah, reaksi “lawan-atau=kabur” membantu manusia untuk mengatasi situasi yang mengancam hidupnya. Bentuk stress di zaman sekarang memang berbeda. Cara mengatasi stress yang berat yang dulu dianggap tepat ternyata justru menyedot zat gizi di dalam tubuh. Karena itu, mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang  tepat akan membantu mengatasi perubahan tingkat zat gizi tersebut.

Saat terkena  stress, kelenjar adrenal diatas ginjal akan melepaskan hormone adrenalin (epinefrin). Reaksi ini merupakan salah satu dari sekian banyak rekasi fisik yang dirancang sedemikian rupa untuk membantu tubuh dalam cara mengatasi stress yang berat. Pertama, hati melepaskan gula ke dalam aliran darah uuntuk memberikan pasokan energy sehingga tubuh dapat bersiap-siap untuk melawan atau kabur.  Bernapas menjadi lebih cepat untuk menghirup lebih banyak oksugen. Detak jantung makin kencang agar darah yang membawa gula ekstra dan oksigen ke tubuh dan otot mengalir lebih cepat membeku jika terjadi pendarahan. Akhirnya, proses pencernaan melambat karena memang tidak diperlukan saat itu.

Rekasi stress sebenarnya terjadu sebagai persiapan untuk menghadapi bahaya mendadak. Reaksi ini memungkinkan manusia prasejarah untuk melumpuhkan harimau begigi pedang. Namun, manusia abad ke-21 jarang dihadapkan pada resiko menderita luka hebat atau kematian seperti  ini. Kini penyebab stress berbeda dan biasanya berlangsng lebih lama. Menurut ilmu psikologi, peringkat teratas dari 10 penyebab stress adalah penyakit serius, kematian dan perceraian. Namun, tubuh juga bereaksi terhadao masalah yang lebih ringan dan sering muncul seperti masalah keuangan, tenggat pekerjaan, kerumunan orang, kebisingan dan kemacetan. Bahkan perubahan temperature dan polusi lingkungan dapat membangkitkan reaksi tubuh. Meskipun jenis penyebab stresnya berbeda manusia abad ke-21 tetap bereaksi sama seperti manusia prasejarah. Pengaruh terhadap pasokan darah, pernapasan, dan proses pencernaan tetap sama.

Stres tidak selalu berakibat negative. Ada juga pengaruh positifnya yakni membangkitkan semangat dan motivasi dalam kehidupan. Bahkan dalam skala kedcil stress dapat merangsang reaksi tubuh dan membuat hidup lebih menantang. Namun, jika stress terlalu berat dan berlangsung lama reaksi tubuh bisa menjadi tidak teratasi, sehingga biasanya dapat merugikan. Stress  berkepanjangan sangat membebani organ yubuh yang penting seperti jantung pembuluh darah, kelenjar adrenalin dan system kekebalan. Hal yang harus dilakukan oleh orang terdekat penderita stress adalah mencari  tahu cara mengatasi stress yang berat.

Meningkatnya produksi hormone adrenalin (epinefrin) yang bertanggung jawab atas gejala stress, juga bisa menjadi penyebab kekurangan zat gizi. Oleh karena itu  tubuh memerlukan lebih banyak nutrisi untuk mengatasi reaksi stress. Banyak orang yang dapat mengatasi stress dengan baik, namun ada juga yang sampai mengalami kelelahan, insomnia, nyeri punggung dan leher, serta tekanan darah tinggi. Stres berkepanjangan dapat menyebabkan gangguan seperti flu, dan salesma, serta berbagai gangguan pencernaan lainnya. Karena pencernaan sering diabaikan ganggan akibat stress bisa menjadi lebih berat, seperti melemahnya kemampuan cerna, nyeri dada, diare atau konstipasi.  Dalam kasus yang lebih berat dapat terjadi bisul di usus.

Cara engatasi stress yang berat adalah dengan :

  • Makanlah banyak buah dan sayuran untuk menyeimbangkan kadar potassium dan sodium yang diperlukan untuk melancarkan pengiriman pesan saraf
  • Makanlah dalam suasana nyaman agar vitamin dan mineral pengalau stress yang penting dapat terserap sempurna.
  • Hindari makanan olahan. Nutrisi penting dalam tubuh justru akan dihabiskan untuk memproses makanan tanpa kalori ini sehingga terjadi ketidakseimbangan gula darah. Akibatnya timbulnya gejala depresi, gelisah, dan mudah marah.
  • Hindari makanan yang menyebabkan reaksi alergi karena dapat memunculkan reaksi stress.
  • Kurangi konsumsi kafein. Lebih baik minum the herbal atau teh rasa buah.

=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Stress dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengatasi Stress and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>