Tanda Dan Gejala Stress

Tanda Dan Gejala Stress – Masalah stress merupakan salah satu masalah yang menderita orang banyak. Stress adalah suatu reaksi pada tubuh yang terjadi pada suatu kondsi yang terlihat berbahaya atau terlihat sangat susah. Stress ini bisa membuat tubuh memproduksi hormon adrenaline yang mempunyai manfaat untuk mempertahankan dirinya. Setiap orang pasti punya masalah, dan kadang masalah ini menyebabkan mereka jadi berpikir secara berlebihan dan menyebabkan stress datang. Padahal, jika masalah ini dihadapi dengan santai, maka masalah juga tidak akan terlihat sulit untuk dihadapi. Tanda dan gejala stress ditunjukkan dengan reaksi mudah tersinggung, mudah marah pada siapapun, tindakan yang terlalu agresif dan juga defensive yang bisa mengundang resiko berbahaya, merasa selalu salah, susah untuk fokus dan berkonsentrasi, menjadi pelupa, palpitasi atau jantung berdebar-debar.

Tanda Dan Gejala Stress

Tanda Dan Gejala Stress

Masalah atau Keluhan Stress

Tanda dan gejala stress juga bisa ditunjukkan melalui gejala fisik seperti otot yang tergang, mengalami masalha sakit kepala, sakit perut dan sakit diare.

Tanda dan gejala stress yang menyebabkan terjadinya suatu komplikasi adalah penyakit darah tinggi, dan juga serangan jantung, masalah mental atau hysteria, dan hilangnya nafsu makan, masalah maag, migren, dan serangan asma yang parah.

Mereka yang mengalami masalah stress merupakan awal dari berbagai penyakti datang. Stress bukanlah suatu masalah yang disebabkan karena virus atau bakteri, melainkan karena pikiran kita sendiri yang memporsir untuk berpikir terlalu berlebihan terhadap sesuatu. Masalah stress bisa menyebabkan kita menjad waspada dalam melakukan sesuatu atau terhadap sesuatu dan orang lain, hal ini bisa menimbulkan untuk diri kita sendiri dan orang lain. Stress yang berlebihan bisa menyebabkan depresi. Bisa membuat tenaga kita terkuras karena terlalu lelah untuk memikirkannya. Biasanya hal ini akan mengakibatkan kewaspadaan seseorang yang mengalami peningkatan dan terlalu memofokuskan sesuatu secara berlebihan sehingga hal yang lain yang tidak kalah penting untuk hidup Anda menjadi terabaikan. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan sistem kerja tubuh mengalami gangguan.

Tahukah Anda bahwa sekitar lebih dari 40 juta orang di Eropa paling tidak 1 dari 3 rang pekerja mengalami stres di lingkungan pekerjaan mereka. Stress yang terjadi di tempat kerja merupakan masalah nomor dua yang paling sering muncul disamping masalah sakit punggung. Dan menurut survei yang dilakukan bahwa sekitar lebih dari ¼ pekerja absen paling tidak selama 2 minggu dalam setahun yang diakumulasikan karena mengalami masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stress.

Penyebab Stress

Masalah stress yang terjadi di tempat kerja bisa diakibatkan karena beberapa hal berikut ini :

  1. Kondisi atau keadaan kerja yang selalu ada di bawah tekanan rekan kerja atau juga atasan.
  2. Ketidakjelasan mengenai tugas yang diberikan oleh atasan.
  3. Perminataan dari barang yang jumlahnya sangat tinggi
  4. Perencanaan kerja yang kurang baik.
  5. Adanya ancaman di dalam kalangan karyawan
  6. Teriakan atau juga makian dari para konsumen
  7. Teman kerja atau rekan kerja yang mengganggu dan tidak bisa bekerja sama
  8. Ketidaknyamanan secara fisik misalnya adalah suara alat mesin yang ribut dan juga ventilasi yang kurang.
  9. Dan yang paling buruk lagi adalah tidak adanya suatu hal yang memperbaiki untuk membantu mengatasi penyebab-penyebab yang terjadi diatas.

Jika hal ini dibairkan maka bisa menimbulkan masalah fisik serta mental misalnya adalah :

  1. Mengalami depresi
  2. Gelisah
  3. Gugup
  4. Tidak fokus pada waktu yang lama dan juga mengenai ketelitian secara berkepanjangan.

Jika Anda merasakan hal-hal diatas, maka sebaiknya segeralah atasi.

Cara Mengatasi Stress

Cara mengatasi stress di tempat kerja dalah :

  1. Merencanakan dengan baik mengenai aktivitas yang Anda lakukan. Hal ini sangat penting sekali untuk membantu membuat atau menyusun suatu bentuk perencanaan bukan dalam jangka panjang saja namun juga dalam jangka waktu pendek misalnya adalah rencana bulanan dan juga rencana harian yang terjadi.
  2. Anda pasti memiliki masa lalu yang pernah dirasakan dand ialami mengenai masalah yang terjadi di lingkungan kerja Anda. Cara mengatasi stress dilingkungan kerja Anda adalah sebaiknya ingat-ingat lagi cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu cara mengatasi stress yang Anda alami.
  3. Ikutlah dalam membangun uasana kerja agar lebih menyenangkan lagi, yakni dengan sikap yang terbuka dan juga melakukan komunikasi dengan sesama rekan kerja Andaa.
  4. Memastikan bahwa Anda mengerti mengenai tugas serta tanggung jawab yang Anda punya dan sebaiknya jangan malu untuk bertanya.
  5. Lakukan beberapa kali break selama beberapa menit disaat Anda sedang bekerja. Dan santai merupakan salah satu cara mengatasi stres. Misalnya adalah jangan melakukan hal apapun dan ambillah nafas dengan dalam.
  6. Kemudian sebaiknya toleransi ditingkatkan dengan sesama rekan kerja Anda. Ingatlah bahwa setiap individu mempunyai karakter yang unik dan misalnya adalah : untuk beberapa orang malah bisa lebih berprestasi dibawah tekanan, sedangkan untuk sebagian lainnya juga membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menyelesaikan pekerjaan yang dilakukannya.
  7. Cara mengatasi stress lainnya ditempat kerja adalah delegasikan sebagai suatu tanggung jawab kepada anak buah Anda atau bawahan Anda.
  8. Pertahankanlah semangat tim Anda, misalnya adalah dengan melakukan suatu perayaan kecil, melakukan olahraga dan juga berekreasi bersama.

Tanda Dan Gejala Stress


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Stress dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengatasi Stress and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>